Saturday, June 19, 2010

Sulsel Jadi Lokasi BLK Internasional

Terpilihnya Sulsel ini mengalahkan Nusa Tenggara Timur (NTT), Jawa Timur, dan Medan (Sumut). BLK bertaraf internasional tersebut akan dibangun pemerintah pusat dengan biaya investasi mencapai Rp 300 milyar, dan sumber pembiayaan dari APBN dengan bentuk multiyears.
Untuk tahap awal, pemerintah pusat mengucurkan anggaran Rp 50 milyar dari APBD Perubahan. Lokasi pembangunan berada dalam kawasan pengembangan kota terpadu Mamminasata.


Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Sulsel, Saggaf Saleh kepada wartawan di Makassar, Kamis (17/06) mengatakan, pembangunan BLK internasional tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 20 hektare. Tim telah meninjau dan finalisasi pembangunan sudah berjalan. ”Pembangunan BLK internasional tersebut akan dimulai Agustus mendatang dan diperkirakan dapat beroperasi pada 2012,” ungkapnya.
Disinggung tentang pengelolaan, Saggaf mengatakan, ke depan bentuk pengelolaan dilakukan dengan sistem sharing antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Takalar, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dan dari pemerintah pusat.
Intinya, BLK tersebut akan menjadi pusat pelatihan tenaga kerja yang bersiap menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri yang profesional -- sektor keahliannya seperti pariwisata hingga tenaga industri. BLK ini disiapkan tidak hanya untuk calon TKI yang ada di kawasan KTI, tetapi juga dari Indonesia bagian Barat.
Disinggung tentang TKI dari Sulsel yang ke luar negeri, Saggaf menjelaskan, pada tahun 2009 lalu, TKI ilegal dari Sulsel mencapai 4.888 orang. Sedangkan tahun 2010 ini TKI yang ke luar negeri dari Sulsel ditargetkan sekitar 3.000 orang. Untuk negara tujuan selain kawasan Asia Tenggara,juga Asia Timur seperti Qatar.
”Yang dibutuhkan adalah tenaga profesional, baik sektor industri, perkebunan, maupun tenaga perawat. Intinya, permintaan TKI dari luar negeri setiap tahun yang masuk ke Sulsel cukup besar. Namun, pemenuhannya terkendala pada sumber daya manusia yang masih rendah, terutama persoalan bahasa,” tuturnya.
Sumber : www.duniatki.com

0 comments:

Post a Comment

 
Powered By Blogger
Powered By Blogger
Powered By Blogger

Great Morning ©  Copyright by BLK-LN Muhasatama Perdana | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks